Kategori
Tak Berkategori

Menentukan Target Pasar dengan Ilmu Manajemen Pemasaran

Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller dalam buku berjudul “Marketing Management” (2016:27) bahwa manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu untuk menentukan target pasar dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan konsumen melalui pembuatan, pendistribusian dan mengomunikasikan nilai pelanggan. Bahkan, jasa pemasaran sudah bercabang jenisnya, misalnya jasa social media marketing yang mengelola media sosial perusahaan.

Pengertian lainnya dikemukakan oleh Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam buku berjudul “Principles of Marketing” (2014:29) yang menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan suatu nilai bagi para pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka agar tercipta suatu nilai dari para pelanggan tersebut.

Menurut Fandy Tjiptono (2014:2) disebutkan bahwa manajemen pemasaran adalah sistem total aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga dan mendistribusikan produk atau jasa dan gagasan yang mampu memuaskan keinginan pasar sasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasional.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah sebagai suatu proses yang mencakup analisis, perencanaan, implementasi, dan ilmu untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkannya dan mempertahankannya yang dirancang untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan dari pasar sasaran dengan cara yang efektif dan efisien. Oleh sebab itu, sebagian perusahaan mengandalkan jasa social media marketing sebagai dukungan untuk mengelola pemasaran di media sosial.

Oleh antihaprian

saya adalah seorang penulis blog

Tinggalkan komentar